Selasa, 05 November 2019

Pengalaman Di Toko Sembako

Keberkahan bisa berasal dari mana saja. Termasuk dari usaha sembako yang kami jalani. Asal senantiasa diniatkan pada niat yang baik. Kalau ada orang yang berkata hidup harus memiliki visi dan misi, maka akulah salah satu orang yang setuju. Sebuah bisnis berlevel keluarga dengan managemen ala kadarnya ini , sedikit banyak telah memberi banyak pelajaran pada kami. Bagaimana kami harus menghadapi pelanggan yang beraneka ragam karakter dan sifatnya. Dengan niat mencari nafkah yang halal insyaallah pintu-pintu kerkahan akan terbuka.

Bangun diawal waktu sudah menjadi kewajiban bagi kami, karena Sayur mayur harus tersedia di warung dalam kondisi fresh. Memang berat pada awalnya, setelah berjalan beberapa bulan, enak-enak saja tuh. Tak terasa sudah hampir satu dasawarsa profesi sebagai pedagang kami lakoni. Susah senang silih berganti.

Jualan sembako ibarat kata tidak ada matinya. Bagaimanapun kondisi seseorang, apakah kaya atau miskin, tua atau muda, sehat atau sakit sudah pasti tak bisa lepas dari sembako. Cuman margin yang kita ambil tidak bisa teelampau besar, karena ini termasuk barang komoditas. Untuk memaksimalkan keuntungan tiap pengusaha sembako pasti memiliki trik dan strategi masing-masing. Begitupun kami. Salah satunya melemgkapi jualan dengan menjual produk virtual seperti yang di tawarkan di mitra Bukalapak.

Lelah, capek sudah pasti namamya juga usaha. Pasti dong ada harapan untuk kedepannya. Pengelolaan secara tradisonal pasti memiliki plus dan minus. Kelanjutan ada rencana memakai sistem yang bisa berjalan tanpa banyak keterlibatan dari kami. Semoga harapan itu bisa tercapai. Minta doanya ya.

Pembeli adalah raja. Bagaimana pendapat kamu  ? Mungkim ada benarnya tapi bagi kami pembeli adalah mitra, patner. Memiliki kedudukan yang seimbang. Saling menguntungkan. Bukan saling merugikan. Sehingga relationship tetap terjaga dan saling menjaga.

Spirit melayani adalah hal yang senantiasa kami usahakan pelihara.  Dengan ruh ini kami yakin usaha kami akan bisa tetap eksis. Sulit rasanya jika orientasi hanya keuntungan semata. Tanpa semangat pelayanan sudah pasti cepat atau lambat akan sulit berkompetisi, di era ini. Kami juga sadar propit juga hal yang penting.  Namun yang utama adalah pelayanan.

Dengan kehadiran internet di tengah-tengah kita,  jelas ada hal yang bisa dibuat lebih praktis dan cepat.  Kalau dulu untuk urusan bayar listrik, pdam,  dan lain sebagainnya harus meluangkan waktu dan tenaga. Sekarang bisa dipermudah dengan cara on line. Hal ini bisa di anggap ancaman namun bisa juga di anggap peluang. Oleh karenannya bijaksana adalah kunci menggapai kesuksesan.  Tidak mengambilnya mentah-mentah,  tidak juga resistens. Kita aam yang baik, bermanfaat.



Mitra Bukalapak, mudahnya jadi pengusaha pake aplikasi mitra bukalapak,bisa beli grosir hingga bayar tagihan,jualan pake mitra Bukalapak untungnya banyak.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar