Minggu, 07 Februari 2016

PENJUALAN AYAM DI HARI RAYA



PENJUALAN  AYAM  SAAT  MOMENT  HARI  BESAR



Gambar Penjual dan ayam daganganya di salah satu sudut pasar Waru Kota Semarang yang di ambil fotonya tahun 2014
Penjualan ayam mendadak akan meningkat tajam saat moment hari besar. Ini sudah jamak dan sulit dihindari. Hal ini adalah dampak dari adanya hukum permintaan dan penawaran. Hampir tiap keluarga butuh barang yang satu ini. Karena ada yang kurang jikalau pada hari tersebut, diatas meja tidak ada hidangan yang berupa daging.
Untuk memenuhi lauk tersebut, daging ayamlah yang pas dan mudah diperoleh sebagai salah pilihan. Pas dalam arti cukup untuk satu keluarga, kalau ada sisa atau ada kurangnya paling sedikit. Dan yang lebih pokok adalah daging ayam lezat di lidah dan enak di mulut.

Hari semacam itu akan menjadi berkah tersendiri bagi penjual dan peternak ayam . Sebab apa yang di nantikan dalam masa pembesaran berbuah manis. Lembaran-lembaran rupiah mengalir ke kantong mereka. Lelah, letih dan penat telah terbayar berganti kulum manis yang mengantung di sudut bibir mereka. Dan panjatan syukur ke haribaab Allah, Tuhan semesta alam meluncur dari bibir atas semua nikmat dan karuniannya.

Kira-kira ayam apa yang dicari pada hari itu ya ? Yang paling diminati adalah ayam lokal (ayam kampung) yang memang terasa spesial rasanya. Sebab dipelihara dengan di umbar (jawa). Dibebaskan berkeliaran di pekarangan rumah. Bahkan berlarian pun boleh. Jadi akibat pemeliharaan yang tradisional inilah memiliki hal positif antara lain daging ayam yang enak. Disamping hal positif tersebut pemeliharaan semacam ini pun tak luput dari sisi kurangan. Antara lain karena diberi minum dan pakan pemacu pertumbuha akan kurang baik bagi manusia.

Kalau dihitung-hitung konsumsi ayam pada dekade terakhir ini, bukan lagi hal yang istimewa. Sebab hampir setiap hari kita disuguhi hidangan ini. Industrialisasi ayam boiler telah membawa pengaruh yang sangat besar terhadap pola konsumsi daging ayam. Yang semula ayam baru bisa di panen beberapa bulan kedepan dengan cara dan teknik terbaru daging ayam telah di panen beberapa minggu. Tentunya produk daging dan telor ayam akan membanjiri pasar-pasar. Sehingga harga menjadi kian terjangkau oleh masyarakat berpengasilan ke menengah bawah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar